Tips Cara Cari Download eBook di Internet

Updated at: 12:33.
Under Category: Komputer
ads
Kita semua kadang kala pasti perlu untuk cari e-book di internet. Nah, pada kesempatan ini saya ingin berbagi kiat-kiat saya dalam mencari e-Book di internet agar pencarian e-Book anda cepat dan anda bisa mendapatkan hasil yang akurat.
Logo Ebook

Umumnya ketika kita mencari sesuatu, baik e-Book atau apapun itu, selalu mulailah dengan Google. Nah pertama kita harus tahu dulu ebook yang kita cari itu bertopik apa. Untuk melakukan pencarian yang efektif biasanya kita ketikkan di Google dengan kata kunci topic ditambahkan kata ebook pada akhirannya. Contohnya programming ebook. Bisa juga anda tambahkan kata free atau kata download agar hasil yang tampil adalah ebook-ebook yang free.

Namun, kelemahan hasil pencarian melalui Google adalah terlalu general dan kadang kala banyak situs yang tidak relevan justru muncul di bagian pertama, misalnya situs yang hanya member review saja kemudian merefer ke Amazon, sedangkan yang kita cari adalah download free ebook. Selain itu, kadang kala yang muncul adalah situs-situs yang biasa menjual e-Book seperti Amazon, sedangkan kita inginnya kan yang gratisan.

Kelemahan hasil pencarian Google yang terlalu general ini dapat diatasi dengan menggunakan keyword filetype:pdf, sehingga hasil pencarian akan menampilkan langsung situs-situs yang memiliki PDF yang bisa langsung di download hanya dengan mengklik linknya saja.

Sebagai contoh query kita adalah : free ebook programming filetype:pdf. Sayangnya kadang kala hal ini juga sulit untuk menampilkan link download ebook yang biasanya dipublish oleh publisher terkenal seperti Prentice Hall, Addison Wesley dan McGraw Hill.

Pencarian e-Book menggunakan Google sebenarnya cukup efektif terutama apabila kita tidak mengetahui benar judul buku yang ingin kita cari, tetapi perlu diingat hasilnya bisa sangat bervariasi dan sangat general dan perlu masih kita telusuri lebih dalam, sebagai contoh misalnya di dalam thread di forum, di dalam situsnya tapi di bagian tertentu saja dan kadang kala kita sering repot menelusurinya.

Nah sebenarnya ada ga sih cara agar buku yang kita cari lebih spesifik dan hasilnya bisa langsung di download tanpa repot-repot. Sebenarnya ada metodenya. Saya sendiri biasa menggunakan tips berikut ini.

Ketika kita belum tahu judul e-Book yang ingin kita cari, Googling lah dengan keyword topic ebook. Setelah itu tentunya anda akan mendapat beberapa referensi judul ebook-ebook yang berkualitas, misalnya dari situs seperti Amazon dan sejenisnya. Setelah anda mendapatkan judul-judul ebook tersebut, anda bisa memanfaatkan filehosting search engine seperti mediafire.net, hotfile123.com, 4shared.com dan search engine Rapishare.

Dengan menggunakan search engine filehosting tersebut, anda biasa akan langsung dibawa pada hasil yang spesifik terutama jika anda mengetahui frasa atau judul ebooknya secara baik. Kenapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya mudah saja, karena search engine tersebut tidak menggunakan algoritma yang rumit seperti Google yang memperhitungkan PageRank dan sejenisnya, tapi hanya melihat matching keywords dan juga popularity atau jumlah didownload. Perlu anda ingat bahwa apabila anda mencari ebook dengan judul tertentu biasanya orang lain juga akan mencari ebook dengan judul itu, terutama bila ebooknya bagus.

Namun, tentu saja ada kelemahan dalam menggunakan metode ini. Salah satu yang paling signifikan adalah nama file yang diupload di filehosting bisa saja ngawur dan bahkan tanpa hubungan dengan judul sehingga bisa tidak muncul dalam hasil pencarian. Contohnya seperti kode-kode angka seperti sequence number atau tanggal dan lainnya. Walaupun begitu, hal ini tidak selalu terjadi karena banyak orang menggunakan sistem penamaan yang benar. Apabila anda kesulitan dalam menemukan sebuah judul ebook secara spesifik, sebaiknya dicoba dengan frasa-frasa kecil terlebih dahulu di query search engine filehosting tersebut.

Sebagai contoh, kemarin saya mencari e-Book tentang FPGA di situs 4shared.com, dan saya mulai dengan kata kunci FPGA. Setelah itu hasil pencarian akan menampilkan beberapa ebook yang memiliki judul FPGA di dalamnya. Hasil pencarian oleh search engine filehosting ini lebih spesifik dan bisa lebih akurat dibanding menggunakan mbah Google, terutama bila anda memaksimalkan seluruh search engine filehosting yang ada. Selain itu dengan Googling terlebih dahulu dengan keywords fpga ebook tentunya anda bisa mengetahui yang mana yang merupakan ebook yang cukup bagus dan berkualitas.

Bagi saya sendiri, Rapidshare kurang saya rekomendasikan karena slot downloadnya yang sangat minim sekali. Saya merekomendasikan situs filehosting seperti mediafire.net, hotfile.com dan juga 4shared.com dan megaupload.com karena situs-situs tersebut merupakan filehosting yang baik yang memberikan cukup banyak slot untuk download bagi 1 user, tidak seperti Rapidshare.

Jadi hal ini kembali lagi kepada pilihan anda, lebih suka menggunakan Google atau lebih suka menggunakan search engine filehosting. Keduanya punya fungsi dan kelebihannya masing-masing. Kelebihan Google adalah mampu mengindex apabila filename dari ebook tersebut berbeda dengan nama umumnya asal ada deskripsinya dan kelemahannya adalah kadang kala hasil yang ditampilkan tidak relevan dan sulit untuk dilacak keberadaan link downloadnya bila Google member referensi suatu situs. Sedangkan search engine file hosting mampu memberikan hasil langsung yang spesifik tapi tidak mampu mendeteksi jika nama filenya tidak menggunakan frasa kata kunci yang umum.

Berikut link-link ke search engine filehosting bagi kalian yang mau langsung mencobanya :

http://mediafiresearch.net/ (Media Fire)

http://www.hotfile123.com/ (Hotfile)

http://4shared.com/ (sudah ada fitur search engine di dalam filehosting webnya)

http://www.filemirrors.info/megaupload-search.html (Megaupload)

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !
ads Share This

Tips Cara Cari Download eBook di Internet
"Tips Cara Cari Download eBook di Internet" Di Posting oleh blog , February 26, 2012, pukul 12:33 dalam topik Komputer dan permalink https://aryakinan.blogspot.com/2012/02/tips-cara-cari-download-ebook-di.html. Nomer ID: 5.888,888.

Comments :

 
© Arya Kinan ***Ente kopas ? ane juga bisa!***
Is Hosted by Blogger